SMPN 11 SOLOK SELATAN MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

 Kepsek SMPN 11 berfoto bersamaTim Adiwiyata Kab. Solsel 


Gerbang sekolah menyambut ramah tamu dan warga sekolah

Di parkiran pun terasa hijau dan rindang

halaman sekolah yang bersih


Sekolah Menengah pertama (SMP) Negeri 11 Solok selatan, berada di Abai, kecamatan Sangir Batanghari. Sekitar 1 jam-an berkendara dari ibukota kabupaten di padang aro. Namun, meski berada di ujung wilayah kabupaten, prestasi institusi pendidikan disini ternyata tidak kalah dari sekolah lainnya yang berada lebih dekat ke pusat pemerintahan kabupaten.
Mengunjungi SMPN 11, seakan mengobati kepenatan menempuh perjalanan. Di daerah ini, dengan ketinggian 300-an meter diatas permukaan laut, hawa udara terasa panas. Sebentar saja telah terasa gerah.namun, berada di SMPN 11 seolah menemukan ruangan ber-AC.
SMPN 11 Solsel semenjak tahun 2011 telah dilibatkan dalam Program Adiwiyata Kabupaten Solok Selatan bersama 9 sekolah lainnya. Berdasarkan penilaian tim kabupaten pada Juni 2012 yang lalu –bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Solok Selatan- sekolah ini mendapat nilai teratas.
Ya, sekolah ini menunjukkan perubahan yang begitu nyata setidaknya dalam dua tahun terakhir. Bapak Akmalu Rijal Putra, S.Pd mengelola sumber daya yang ada, meliputi tenaga pendidik, siswa serta komite sekolah dan masyarakat sekitar untuk terus memacu prestasi sekolah ini.
Lihat saja, pohon-pohon pelindung mulai merindangi pekarangan sekolah. Taman-taman di setiap halaman kelas sudah mulai berwarna-warni. Coretan di dinding kelas, kini tak tampak lagi, berganti dengan  tulisan-tulisan bermakna di Majalah Dinding (mading).
Pekarangan sekolah yang tergolong luas juga sudah mulai dilaksanakan penataan. Ada plot untuk tanaman obat, lapangan olah raga, tempat parkir dan sebagainya. Setiap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru, selalu dikaitkan dengan pendidikan lingkungan hidup. Demikian pula dengan pemanfaatan barang bekas, oleh siswa telah disulap menjadi barang kerajinan bernilai seni. hampir tak ditemui sampah berserakan di lokasi sekolah karna setiap warga sekolah telah diarahkan untuk membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.
Hmmm, jika suatu saat pembaca mengunjungi Nagai Abai, cobalah mampir di sekolah ini.

Comments