5 cm: Tentang sahabat, Negara dan Mimpi-mimpi yang terlangitkan


oleh dr. Ronaldi Noor (28 Agustus 2011)

Saya tertarik dengan judulnya. 5 cm. Hanya itu. Otak saya segera bekerja, tentang apa novel ini bercerita. Kemana saya akan dibawa mengembara? Apakah ini novel sains matematika? beragam pertanyaan memenuhi kepala saya yang juga masih bingung dengan kelanjutan sari pustaka saya-tugas di PPDS. Mmh, dari awal say sudah bertekad dan sering mengatakan pada teman-teman,bahwa saya tidak akan membiarkan kesibukan saya di PPDS/RESIKA ini membunuh hobi dan kesenangan saya. Kesenangan saya membaca novel, terbang ke alam jauh dan memetik selaksa hikmah setelah membacanya. Kesenangan saya mendatangi Grame**** dan menghunting buku-buku baru. Hobi saya wisata kuliner. Hobi saya berkumpul dengan teman-teman. Tidak boleh!! In this life, you are the driver not a passenger....!! Yap, that's right jangan sampai dunia yang baru ini mematahkan keindahan-keindahan yang telah melingkari hidupmu....

Di bagian awal, novel ini tidak berbeda dengan novel-novel kebanyakan. Bercerita tentang 5 orang anak muda yang sudah bersahabat sedari kecil. Persahabatan ini berlanjut sampai mereka kuliah. Meskipun mereka tidak kuliah di tempat yang sama. Kemana-mana selalu  bersama. Melakukan kegilaan-kegilaan. Kedodolan-kedodolan. Khas anak muda deh pokoknya. Yang menarik, novel ini dipenuhi lirik-lirik lagu yang bertebaran di mana-mana. English semua, namun banyak yang tidak saya ketahui. Sampai di tengah, saya belum menemukan keasyikan novel ini dan belum ada 'sesuatu' (gaya Syahrini) yang saya dapatkan.

Sampai akhirnya. Karena telah bosan terus bersama. MEreka memutuskan untuk tidak saling bertemu dan tidak saling berkomunikasi selama 1-2 bulan. dan pada 14 agustus mereka akan bertemu untuk melakukan sebuah perayaan yang berbeda.
Nah selama perpisahan ini lah, kita akan diajak menyelami karakter masing-masing tokoh.
Tentang Ian si gendut. KIta akan dibawa ian, bagaimana perjuangannya menyelesaikan skripsi dalam waktu 1 bulan. Jatuh bangun seoran Ian yang masih labil. hobi nonton blue vid, dan gak bisa pisah dari Indomie. hhee. Ian yang dengan penuh tekadnya mengerjakan proyek penelitian, harus sabar menghadapi pembimbing, quisioner yang dijadikan sampah, sampai pertemuannya dengna orang yang tiba-tiba membantunya. Itu Ian.

Genta sang pemimpin. Dia bekerja di EO. EO-nya dia sering mendapat proyek untuk mengerjakan acara-acara besar. Seperti festival band, pameran buku, sampai pameran komputer. KIta diajak bagaimana Genta berani keluar dari pakem. Melawan arus yang selama ini telah menjadi dalam sebuah EO. Genta yang mati-matian memperjuangkan konsep the jungle-nya untuk sebuah pameran komputer. Sebuah ide gila yang luar biasa. Berhasilkah Genta?

Zafran sang penyair yang aneh dan unik. Hobi berpuisi ketika melihat sesuatu yang indah dan berbeda.

Arial yang atletis dan paling ganteng di antara yang lain.

Dan Riani. Satu-satunya wanita. Otomatis menjadi paling cantik.

Dan petualangna serupun di mulai pada 14 agustus itu. Ternyata, Genta membawa teman-temannya itu naik kereta api kelas ekonomi dari Jakarta ke Malang. Ngapain coba?
Tujuan mereka adalah MAhameru. Puncak tertinggi di pulau Jawa. Nah, dalam perjalanan dari Jakarta inilah, novel ini bisa dikatakan berisi. Diskusi-diskusi panjang di antara mereka. Membicarakan tentang Plato, Socrates dan Einstein. Kita jadi tahu tenntang kata-kata bernas dari tokoh-tokoh itu. Tentang konsep gua gelap-nya Plato. Tentang Albert Einstein yang mengatakan, Satu-satunya kepastian di dunia ini adalah ketidakpastian.Bingung kan???

Dalam pendakian mereka ke Semeru, melewati Bromo kita seakan benar-benar ikut bersama mereka merasakan dingin dan beratnya medan pendakian. MElihat lautan awan melingkupi Bromo. Merasakan kesejukan dan keindahan Ranu Kumbolo, danau di tengah gunung. Merasakan beratnye carrier yang mereka bawa. Dan yang lebih penting, sekali lagi-tentang diskusi-diskusi cerdas mereka tentang Indonesia, pemerintahannya, tentang hidup dan tentu saja tentang 5 cm itu sendiri.

Kita juga dibuat penasaran tentang romansa cinta sesama mereka. Sesama mereka terjadi 'rasa' yang berkelindan. tapi semua itu tersimpan saja. Di ujung cerita, semua terjawab.

Mengetahui apa itu 5 cm. Membuat saya sejenak kembali hidup dan bercita-cita segera menuntaskan semua ini. Meneruskan tugas-tugas yang telah usang untuk diteruskan. Menyusun kembali rencana untuk masa depan.

Huh...saya juga jadi rindu mendaki kembali (lagak..!). Kurus-kurus begini saya sudah menaklukan Merapi, lho... 
Overall, novel ini very recommended to read....Ayo beli.jangan minjam  ya.

Ada beberapa quote yang saya suka di novel ini:

#10% hidupmu adalah apa yang terjadi padamu,sisanya adalah bagaimana kamu menghadapinya.

#You are the driver, not a passenger in this life.

#Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain....



dari redaksi : di posting ulang, spesial buat Adikku Puti Atia Rahma

Comments