RUSA (Cervus unicolor), DILEMA PETANI DESA MUARA HEMAT – KERINCI


telah diposting sebelumnya via akun Budi Isroni Uwo Bud pada 14 Juni 2011 pukul 12:07 


Desa Muara Hemat merupakan desa yang letaknya paling ujung wilayah Kabupaten Kerinci, berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Merangin. Tofografinya sebagian berbukit besar dan  bergelombang dan berada jalur jalan Kerinci – Bangko, di sisi utara aliran Sungai Batang Merangin yang berasal dari Danau kerinci. Desa ini diapit oleh Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Penduduk Muara Hemat umumnya mengandalkan mata pencarian dari kegiatan bercocok tanam berupa tanaman tahunan (kulit manis, surian,  kopi dan sebagainya) maupun tanaman semusim.
Belakangan ini, kegiatan bercocok tanam yang dilakukan oleh para petani semakin terkendala oleh banyaknya hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Di Muara Hemat, beberapa mamalia besar juga menjadi hama/musuh utama tanaman mereka. Selain babi dan bangsa kera, hewan rusa (Cervus unicolor) juga mulai menyerang dan merusak tanaman warga.
Rusa adalah dilema. Petani kebingungan. Pasalnya, seperti diketahui bersama bahwa rusa oleh pemerintah statusnya ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Jika ketahuan memasang jerat atau berburu hewan ini, mereka pasti akan ditangkap.
Namun, keadaan usaha tani masyarakat nyatanya memang terganggu oleh hewan ini. Rusa sangat gemar memakan daun-daun muda atau tunas tanaman. Rusa juga suka mengoyak dan memakan kulit tanaman seperti surian atau karet. Akibatnya, perkembangan tanaman menjadi terhambat dan tak sedikit yang mati sebelum sempat dipanen.
Nasib usaha tani sepertinya akan selalu terkendala. Rusa, hewan yang dilindungi menurut perundang-undangan di negeri kita ini telah menjelma menjadi monster bagi tanaman dan masa depan petani.
Saya, sebagai salah satu dari petani yang merasakan dampak langsung hama ini, hanya berharap kepada Pemerintah dan Institusi terkait agar berkenan memperhatikan masalah ini dan memberikan solusi yang terbaik untuk mengatasinya.

Comments