“Pohon Setengah Mati”



Pohon Setengah Mati

Foto ini sengaja diambil untuk mengingatkan kita bersama, bahwa seperti inilah gambaran keadaan hutan kita. Satu pertanyaan, Perbukitan dan Pegunungan yang tampak menghijau dari kejauhan, apakah kondisi yang sebenarnya memang demikian?
Pada foto ini tampak sebatang pohon. Umurnya masih beberapa tahun. Namun keadaannya sungguh tragis. Pohon yang tumbuh lurus menjulang ternyata telah mati di pucuknya. Namun keinginan untuk bertahan hidup masih tampak dengan tumbuhnya cabang-cabang di pertengahan batang pohon.
Lalu apa yang bisa diharapkan dari sebatang pohon seperti ini? Sebagai penyedia air di tanah? Sebagai habitat bangsa burung? Rasanya pohon ini sudah tak mampu untuk berbuat banyak lagi. Bahkan seekor capung yang terbang seolah memandang bingung dan mempertanyakan keberadaannya.
Secara lebih luas, seperti itulah gambaran keadaan hutan yang ada di benak Saya. Warna hijau yang tampak seolah menenangkan kita. Namun sesungguhnya warna hijau itu tak lagi berasal dari pohon-pohon besar dan kokoh. Pohon-pohon itu sebagian besar telah habis ditebangi untuk berbagai keperluan manusia. Warna hijau hanya berasal dari semak dan belukar yang tersisa.
Jika kita, masyarakat dan pemerintah, tidak serius memperhatikan keadaan alam ini maka kerugian dan bencana lingkungan selalu mengintai kita. Kekeringan, perubahan hawa dan iklim serta tanah longsor dan banjir bisa saja terjadi.
Jadi, hutan kita sesungguhnya telah setengah mati. Saatnya kita lebih peduli dan berbuat nyata. Menjadikan pepohonan lebih lestari dan kehidupan kita lebih berarti.

Comments