KAYU MANIS MENGONTROL KADAR GULA



Penyakit gula darah (diabetes) memang belum ditemukan obatnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kayu manis dapat mengontrol kadar gula darah.
Dewasa ini banyak orang mulai beralih pada pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain keampuhan khasiatnya, obat dari alam tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Biayanya pun tidak begitu mahal untuk mendapatkannya.
Kayu manis, salah satu contohnya. Selama ini tanaman asli tropis ini sudah familiar bagi Indonesia. Karena kayu manis senantiasa digunakan untuk bumbu penyedep masakan. Di samping itu, tanaman yang nama ilmiahya Cinnamomum zeylanicum ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan parfum.
Masyarakat India sudah lama memanfaatkan kayu manis sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional, mulai dari diare, radang sendi, kram menstruasi, menstruasi yang berat, infeksi ragi, pilek, flu, dan masalah pencernaan. Selain itu, kayu manis kerap juga digunakan untuk mengobati masalah pernapasan, infeksi kulit, membersihkan darah, dan gangguan jantung.
Bahkan, kayu manis dilaporkan juga mampu mengendalikan gula dalam darah (diabetes). Para peneliti di US Department of Human Nutrition Research Pusat Pertanian di Beltsville, Maryland , pernah mempelajari efek berbagai makanan zat termasuk kayu manis pada gula darah.
Dengan mengkonsumsi kayu manis 1, 3, 6 gr per hari sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Karena kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan resiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung. Sedangkan kapsul placebo tidak memiliki efek apapun terhadap kadar gula darah dan total kolesterol maupun LDL kolesterol.
Banyak penderita diabetes yang telah mencoba untuk menambahkan setengah sendok teh kayu manis dalam teh saat sarapan selama beberapa bulan. Hasilnya kadar gula darah mereka turun. Kayu manis telah diteliti dapat meningkatkan metabolisme glukosa.
Untuk mengkonsumsi kayu manis, disarankan agar menggunakan kayu manis bubuk atau batangan. Karenamethylhydroxychalcone polymer (MHCP), kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip insulin dan menaikkan kesensitifan insulin. Hal ini tidak akan berhasil manakala Anda menggunakan pada minyak kayumanis.


Comments