PEMANTAUAN LAPANGAN PENILAIAN PROPELIKE TAHUN 2012 KE PT. BINA PRATAMA SAKATOJAYA (BPSJ) DAN PT. KENCANA SAWIT INDONESIA (KSI) DI KABUPATEN SOLOK SELATAN



Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Kegiatan (PROPELIKE) dalam pengelolaan lingkungan bidang Agroindustri, Manufakturing dan Pelayanan Kesehatan tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2012.
Sebagai penyelenggara kegiatan adalah tim dari Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Propinsi Sumatera Barat dengan didampingi oleh Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kab. Solok Selatan. Tim Bapedalda Propinsi terdiri dari : Armiati, S.Sos; M. Sidik Pramono, ST; Dra. Hj. Sri Hayana, M.Biomed; dan Rina Deswita. Sedangkan dari Kantor Lingkungan Hidup Kab. Solok Selatan diwakili oleh Budi Isroni, SP dan Endri Junaidi, A.Md.
Khusus di Kabupaten Solok Selatan, penilaian dilakukan di 2 (dua) perusahaan yaitu PT. Bina Pratama Sakatojaya (BPSJ) - Incasi Raya Group dan PT. Kencana Sawit Indonesia (KSI) – Wilmar Group. Kegiatan dilaksanakan di PT. BPSJ, dimulai pada pukul 14.00 WIB tanggal 17 Oktober 2012 dan selesai keesokan harinya pukul 11.00 WIB. Pihak PT. BPSJ dihadiri oleh Erik (kantor Incasi Raya Padang); Ir. Sariman (Mill Manajer) dan Bagong (Estate Manager). Dari hasil penilaian, disarankan agar PT. BPSJ melengkapi dokumen-dokumen, terutama terkait perizinan, agar tersedia salinan atau pertinggalnya di lokasi.
Di PT. KSI, tim penilai diterima  oleh pihak perusahaan yaitu Esron Hutabarat, ST (Mill Manager), Sulimi A. Rivai, ST dan Doni Putra, ST. Di PT. KSI limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi dan house keeping dialirkan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sebanyak 14 Kolam dengan kapasitas 138.828 m3. IPAL ini telah dilengkapi dengan alat pengukur debit.
Suatu langkah maju bagi pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Solok Selatan sebab kedua perusahaan ini telah memiliki Izin Pengkajian Land Aplication (LA). Semoga dengan semangat dan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan, kelestarian lingkungan hidup di Kabupeten Solok Selatan tetap dapat terjaga.

Comments