SELAMAT DATANG
DI BLOG
"KERINCI ITU INDAH"

Sebuah Blog sederhana berupa tulisan dan gambar tentang alam, tentang lingkungan sekitar, tentang kehidupan dan secuil pengetahuan serta kecintaan pada kampung halaman, Tanah Sakti Alam Kerinci...
Semoga berkenan.

Rabu, 21 November 2012

Tentang Buku "SENARAI SEJARAH KEBUDAYAAN SUKU KERINCI"





Tentang BUKU ‘SENARAI SEJARAH KEBUDAYAAN SUKU KERINCI’

Laksana hujan di musim kemarau nan panjang, kehadiran buku SENARAI SEJARAH KEBUDAYAAN SUKU KERINCI seolah menjadi pelepas dahaga bagi bumi yang kekeringan. Sebuah apresiasi layak diberikan kepada penulis buku ini, Budhi Vrihaspathi Jauhari dan Depati Eka Putra, SH, M.PdI bersama LSM Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha, yang dengan segala perjuangan dan kerja kerasnya telah mampu menerbitkan buku tersebut ditengah ‘kelangkaan’ sumber tertulis tentang kebudayaan Kerinci. Sungguh, Saya mengapresiasi hasil karya ini…
Sebagaimana diketahui, berbagai penelitian telah menungkapkan kompleksitas Budaya Kerinci. Suku yang mendiami lembah dengan segala kemampuan akal pikiran yang mumpuni sejak 10.000 tahun silam. Namun, seberapa luas pengetahuan akan keluhuran budaya nenek moyang tersebut juga dimiliki oleh generasi saat ini?
Buku setebal 240 halaman yang diterbitkan di Sungai Penuh, 30 Agustus 2012 ini, memuat banyak hal tentang kebudayaan Kerinci, mulai dari peradaban awal, system kekerabatan, pemukiman, perekonomian serta benda-benda peninggalan sejarah dan pusaka adat, hingga perjuangan melawan penjajahan Belanda dan pembentukan pemerintahan administratif Kerinci.
Buku yang ditulis melalui pengumpulan data primer (terlihat dari pencantuman titik koordinat benda bersejarah) dan data sekunder dari berbagai kepustakaan serta wawancara dengan beberapa tokoh yang terkait dan memiliki kompetensi dalam hal kebudayaan Kerinci, sedikit banyak mampu membuka wawasan pembaca tentang kebudayaan “Uhang Kincai”. Maka, tak berlebihan kiranya bagi pelbagai pihak (terutama kalangan dunia pendidikan) dapat memanfaatkan buku ini.
Buku SENARAI SEJARAH KEBUDAYAAN SUKU KERINCI ini sendiri tentunya bukan tanpa kekurangan (selanjutnya akan Saya tulis dalam catatan tersendiri, dan akan Saya muat di blog ini dengan izin Penulis). Namun sebenarnya hal ini malah dapat dijadikan cambuk bagi pihak lain maupun penulis buku ini sendiri untuk melengkapi dan menyempurnakan tulisan-tulisan tentang kebudayaan kita. Dan Saya berharap dari pihak penulis/penerbit maupun institusi lainnya mau mengadakan acara Bedah Buku, membahas tentang buku ini.
Atas nama kecintaan pada Budaya Kerinci, Saya mengajak kita bersama untuk ikut membaca dan mengambil manfaat dari buku ini.

8 komentar:

  1. Halo Uwo Budi. Bisa diberi gambaran daftar isi atau judul-judul Bab isi buku ini? Saya tertarik membelinya tapi tidak tahu dimana bisa beli. TQB4

    BalasHapus
  2. Trims sebelumnya dah kunjung d blog ini..
    buku ini memuat beberapa ba, al: peradaban manusia suku kerinci, sistem pemukiman dan kekerabatan, tentang adat suku kerinci wilayah hilir, sistem kekerabatan dan norma moral, hukum dan adat perkawinan, seko dan puseko, perjuangan depati parbo, seni tradisional dan terbentuknya kabupaten kerinci..

    Buku ini saya dapati dari salah satu anggota DPRD kota sungai penuh. pernah saya coba kirim email ke penulis, tp blum ada tanggapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims Uwo Budi. Ditunggu bedah bukunya. Oya, kalau boleh saya minta alamat email penulisnya, karena saya berminat juga untuk membaca dan berdiskusi tentang buku ini. Sekalian kalau Uwo tdk keberatan saya minta alamat email Uwo Budi, ada yg mau saya sampaikan ke Uwo. (Dari Teman lama di Medan, Sama2 membangun Buletin "Carano") Trims.

      Hapus
    2. penulisnya Budhi Vrihaspathi Jauhari, email Budhivj@yahoo.co.id

      Hapus
  3. +Icanho : jadi kepikiran neh.. sapo yo...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he... Uwo email aja ke icanho@yahoo.com yaa... ditunggu. trims

      Hapus
  4. Salam kenal pak Budi..kalau boleh saya tahu apakah buku ini bisa di download secara gratis atau bisa dibeli dimana?

    BalasHapus
  5. dimana saya bisa dapatkan buku ini? karena saya ingin mengkaji ttg kebudayaan kerinci dalam skipsi saya... mohon petunjuknya...!!

    BalasHapus