Selayang Pandang Motor Trail






Membicarakan dunia otomotif rasanya tidak akan pernah selesai, terutama motor trail. Sepeda Motor Trail/Off-Road adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat. Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Sepeda Motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban kasar, menyerupai pacul/bergerigi kotak-kotak. Motor jenis ini mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dari tanah relatif tinggi. Sepeda Motor jenis ini tidak mengejar top speed, namun akselerasi. Sepeda Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada motor lain karena penggunaannya di medan berat.

Dewasa ini penunggang motor trail tidak hanya para crosser saja, orang awampun kembali melirik motor trail. Baik sebagai kendaraan harian maupun sarana memacu adrenalin menaklukkan medan offroad.

Ya, gaya hidup bertife jantan saat ini tidak melulu milik pemilik motor gede secama Harley Davidson (HD) yang memeng terkesan ekslusif, rider motor trail pun menjadi brand gaya hidup yang macho. Kesannya jelas gagah, apalagi jika udah full atribut dengan helm, sepatu boat dan perlengkapan safety ride lainnya. Kemampuan motor trail menjelajah segala jenis medan tentu memiliki pesona tersendiri, penggabungan dari skill berkendara dengan hobi bertualang.

Kalo bicara soal sejarah motor trail, menurut anyak sumber bermula di Shozo Kawasaki, Jepang. Shozo Kawasaki merupakan pionir motor trail, awal usahanya bergerak dalam bidang perakitan alat-alat perang, seperti pembuatan rudal, mobil tempur, dan peranti pendukung militer lainnya. Kemudian Shozo Kawasaki menjalin kerjasama dengan pabrikan BMW guna membangun pabrik perakitan pesawat.

Kemudian Kawasaki mulai memproduksi sepeda motor dua tak. Setelah Perang Dunia II berakhir, Kawasaki mulai fokus terhadap produksi sepada motor empat tak. Termasuk memproduksi motor-motor segala medan atau motor trail. Pada waktu itu motor trail menjadi kebutuhan guna menunjang pekerjaan di lapangan. Hingga kemudian muncullah kompetisi balap motor cross yang medan lintasannya berupa tanah dengan sejumlah rintangan atau bowl. Sejak itu pabrikan motor Jepang satu persatu memproduksi motor trail.

Demikian juga Shozo Kawasaki perintis motor trail mulai menciptakan motor sport. Sampai sekarang Kawasaki Motor terkenal dengan produsen motor sport terbesar di dunia.

Ciri Khas Motor Trail
Kenapa motor trail banyak diminati orang banyak? Motor trail memiliki kelebihan yang tak ada pada motor lain. Berikut ini sedikit penjelasan tentang perbedaan motor trail dengan sepeda motor lainnya.
1. Suspensi
Suspensi meripakan benda bagian motor yang bertugas meredam getaran saat motor berjalan di lintasan yang tidak datar. Letaknya di depan dan belakang motor. Suspensi depan berbentuk garpu dimana bagian ujung bawah memegang roda depan dan rem, ujung atasnya merupakan tempat dudukan stang dan speedometer. Suspensi belakang pada motor trail umumnya bersifat monoshock, dipasang ditengah bodi motor. Suspensi monoshock lebih efektif meredam getaran ekstrem ketika melintas medan berat atau ketika motor jumping
2. Ban Bergerigi
Ban  motor trail dikenal sebagai ban pacul, berbeda dengan motor on road. Motor trail dipakai dimedan tanah maupun lumpur, jadi motor trail perlu roda yang memiliki gerigi agar daya gesek dengan tanah bisa lancar dan mampu melibas lintasan lumpur.
3. Bodi Motor
Bodi motor trail biasanya lebih ramping dan sederhana, fungsinya agar lebih luwes
dalam bermanufer di medan off road. Selain itu, ground clearance motor trail lebih tinggi dari pada motor biasa. Bodi motor trail terbuat dari rangka baja ringan.
4. Mesin Motor
Pabrikan motor trail mengeluarkan dua jenis motor trail yakni two strokes dan four strokes. Namun, ciri khas mesin motor trail adalah power, akselerasi dan durabilitas yang tinggi. Karna untuk melibas medan yang berat tidak terlalu dibutuhkan kecepatan, mesin yang bertenaga jelas diperlukan.


Di pasaran motor trail terdapat beberapa jenis tipe motor yang semuanya memiliki spesifik berbeda-beda. Pabrik motor trail mengeluarkan berbagai spesifikasi motor untuk melayani berbagai kebutuhan seperti balapan, hobi, penunjang kerja, dan lain sebagainya.

Jenis Motor Trail –
1. Special Race (SE) dan Non Race
Motor trail jenis ini diproduksi untuk kebutuhan kompetisi balap motor cross, pabrikan mengeluarkan kitaka macam mesin, 50 cc, 100 cc, dan 250 cc. Pabrikan motor juga mengeluarkan motor trail nonrace guna menunjang mobilitas di tempat-tempat pedalaman, pertanian, maupun hutan.
2. Supermoto 
Supermoto adalah motor hasil mixing dari motor trail dengan motor sport road race. Bodinya dan suspensi masih mengadopsi motor trail dengan namun untuk roda-rodanya menggunakan ban halus layaknya ban untuk road race. Supermoto merupakan cabang balapan motor cross yang memadukan medan lintasan jalan aspal dan medan off road beserta lintasan jumping-nya.
3. Mini Trail 
Mini trail merupakan jenis motor trail yang dipakai untuk anak-anak. Bodi motor trail jenis ini lebih kecil, kapasitas mesin pun tak besar hanya 50 cc maksimal 100 cc saja. Ground clereance dengan tanah pun dibuat rendah. Fungsi mini trail adalah sebagai media melatih anak-anak mengenal olahraga motor sedini mungkin.
4. ATV 
ATV kepanjangan dari All Terrain Vehicle, artinya kendaraan segala medan. ATV merupakan hasil pengembangan modifikasi dari motor trail. Spesifikasi ATV antara lain:
Kapasitas mesin lebih besar kisaran 150 – 400 cc.
ATV memiliki empat roda dengan suspensi independen di keempat titik.
Setang kendali berupa raise bar seperti setang motor trail.
Kapasitas tangki mampu menampung 20 liter bensin.
ATV mampu berlari di segala medan, empat ban bergerigi menjadikan ATV
nyaman berjalan di tanah dan lumpur.
5. Enduro AdventureMotor trail jenis enduro adventure dipakai untuk kegiatan touring yang menempuh medan ekstrem, dan perjalanan panjang. Spesifikasi motor endure antara lain kapasitas mesin lebih besar dari SE, suspensi lebih besar dan keras, karakter alur gerigi pada kedua roda lebih kecil. Event rally terberat seperti Rally Paris Dakkar, menempatkan motor trail jenis enduro adventure di kelas rally motor. Yang diikuti oleh team-team
rally dari pabrikan ternama.

Tips Off Road dengan Motor Trail
Sebelum Anda memulai petualangan dengan motor trail, ada baiknya Anda memerhatikan ketentuan bagaimana mengendari motor trail dengan benar 
1.     Ketrampilan (skill bermotor)
Menunggangi motor trail berbeda dengan motor biasa, apalagi melintasi medan-medan sulit. Anda butuh keterampilan menguasai motor trail anda agar stabil dan mampu menaklukan medan off road. Skill yang pas-pasan akan membahayakan penunggangnya. Salah satunya yang harus diperhatikan ketika akan mengendarai motortrail adalah tinggi badan harus sesuai dengan motornya. Pengendara yangmemiliki tinggi lebih dari 170 cm dianjurkan menggunakan motor dengan cc besar agar kaki dan tangan leluasa bergerak. Sementara itu, pengendara yang memiliki tinggi badan di bawah 170 cm sebaiknya memilik motor trail dengan cc sedang atau kecil
2. Kesehatan Motor.
Syarat utama touring di medan off road adalah kondisi motor trail Anda harus prima. Sebelum mulai touring periksa terlebih dahulu spare part motor Anda, seperti tekanan angin pada kedua ban, periksa oli mesin, jika sudah kotor sebaiknya ganti dengan oli baru. Periksa kondisi busi. Tak lupa juga priksa kondisi kedua suspensi motor, pastikan tetap balance.
3. Kesehatan Rider
Jangan memaksa touring jika kondisi badan kurang fit. Tak nyaman ketika touring dengan kondisi badan sakit, bahkan nanti bisa jadi di tengah jalan justru lebih parah sakitnya. Jadi jauh-jauh hari sebelum touring dengan motor trail, jaga kesehatan Anda dengan cara olahraga teratur, konsumsi makanan bergizi dan di-backup dengan suplemen vitamin. Ada baiknya sebelum jalan, melakukan warming up, peregangan otot –otot,
seperti tangan dan kaki agar terhindar dari kram
4. Safety First
Olahraga motor trail adventure ini memiliki tingkat risiko tinggi. Kalau lengah pasti bahaya mengancam sewaktu-waktu. Namun, risiko bisa diminimalkan jika pengendara memakai perlengkapan pengaman, seperti helm full face, sarung tangan, vest pelindung dada, decker pelindung lutut, dan pelindung sikut atau elbow protector. Dan yang terpenting, jangan ugal-ugalan deh. Apapun trik yang akan dilakukan harus dengan pertimbangan dan pengamatan yang cermat.

So, Selamat ber trail ria..

---- dari berbagai sumber di bolakbalik......

Comments