SELAMATKAN EKOSISTEM DANAU KERINCI, KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN ADAKAN RAPAT KONSOLIDASI

Sungai Penuh, 12 November 2015

Salah satu bentuk perhatian Pemerintah bagi kelestarian ekosistem danau Kerinci, melalui Direktorat Pengendalian Kerusakan Perairan Darat, Kementerian LH dan Kehutanan mengadakan kegiatan Rapat Konsolidasi Aksi Penyelamatan Ekosistem Danau Kerinci Tahun 2015 – 2019 di Sungai Penuh.
Ir. Syamsuhari, Msi selaku Kasubdit Pengendalian Kerusakan Danau menjelaskan bahwa kegiatan yang diadakan selama 2 hari ( 12 dan 13 November 2015) ini bertujuan untuk :  
1.   Evaluasi kemajuan implementasi rencana aksi penyelamatan Danau Kerinci tahun 2015 – 2019.
2.   Pemantapan aksi penyelamatan Danau Kerinci 2015 – 2019,
3.   Penentuan baseline tingkat kerusakan dan capaian perbaikannya hingga 2019.
Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, MH saat membuka acara tersebut mengharapkan rapat konsolidasi terbut memberikan manfaat bagi kelestarian Danau Kerinci, sebagai salah satu sumber pengairan dan objek tujuan wisata andalan di Kabupaten Kerinci.
Kegiatan ini sendiri selain dihadiri pemangku kepentingan di tingkat pusat juga diikuti oleh dinas/instansi di tingkat Provinsi dan kabupaten kerinci serta Kepala desa, Ketua kelompok hutan adat dan Lembagapemerhati lingkungan yang  ada di Kerinci.
Aswandi Idris, pakar lingkungan dari Universitas Jambi, pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa ancaman utama kelestarian danau kerinci berasal dari peningkatan sedimentasi sebagai dampak pemanfaatan kawasan sekitar danau kerinci serta ancaman penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya pada lahan pertanian yang tentunya bermuara di Danau Kerinci.

Semoga dengan adanya pertemuan tersebut kelestarian Danau Kerinci dapat berlanjut.
>>budiisroni78@gmail.com






Comments