Kebakaran Besar Landa Lempur Tengah, Puluhan Rumah Ludes Terbakar

Lempur, 08 Agustus 2015. Sebuah kebakaran besar melanda pemukiman padat di Kelurahan Lempur Tengah  Kec. Gunung Raya  Kab. Kerinci, minggu 8 Agustus 2015 sekitar pukul 9.30 WIB.

Kebakaran yang terjadi di kawasan padat pemukiman tersebut mengakibatkan sedikitnya 43 rumah ludes terbakar, 16 rusak berat dan dua lumbung padi ikut hangus terbakar. Kebakaran tersebut juga mengakibatkan puluhan rumah mengalami rusak ringan.

Masyarakat yang berupaya memadamkan api mengalami kesulitan karena sumber air yang terbatas serta jumlah warga yang ada di lokasi saat kejadin sangat terbatas. Dapat dimaklumi karena sebagian besar masyarakat telah berada ditempat usaha masing-masing yang bermata pencaharian petani.
Mobil pemadam kebakaran juga mengalami kesulitan karena lokasi yang sempit dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Sesaat setelah kejadian aparat terkait terlihat telah berkoordinasi dan melaksanakan tugasnya di lapangan. Posko kesehatan dari Puskesmas Lempur didirikan di Gedung Pemuda yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. Posko bantuan secara terpadu dan dapur umum juga didirikan di dekat lokasi.
Beberapa bantuan berupa bahan makanan telah dimasak dan dibagikan kepada para korban.

Tenda pengungsian juga telah didirikan dan ditempati sebagian korban, sementara sebagian lainnya mengungsi kerumah keluarga terdekat.

Meski api telah berhasil dijinakkan sekitar pukul 13.00WIB, namun berdasarkan pantauan malam ini masih dilakukan penyiraman ulang dibeberapa titik yang masih mengeluarkan asap. Hal ini mengingat adanya lumbung padi yang ikut terbakar.

Semoga kita semua diberi ketabahan menghadapi musibah ini.







Comments