Kelompok KRPL di Kerinci Mulai Adakan Praktek Pengolahan Hasil Pekarangan

       Aktifitas ibu ibu anggota kelompok wanita yang melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari,  atau yang lebih dikenal sebagai KRPL di Kabupaten Kerinci terus berlanjut.  Pada minggu ini,  setidaknya dua dari lima kelompok KRPL telah mulai melaksanakan praktek pengolahan hasil pekarangan dengan konsep B2SA.
      Sebagai mana diketahui,  pada tahun ini terdapat lima kelompok,  yang terdiri dari empat kelompok desa stunting dan satu kelompok dari desa binaan PKK Provinsi menjalankan kegiatan KRPL.  Kegiatan KRPL sendiri memiliki tahapan pembuatan kebun bibit desa,  pengembangan demplot, pengembangan pekarangan,  pengembangan kebun sekolah dan terakhir pengolahan hasil pekarangan. 
        Pada Kelompok Wanita Seroja Koto Tengah Siulak misalnya, pada hari minggu,  25/12/2018 yang lalu melaksanakan praktek dengan beberapa menu, diantaranya agar pelangi pandan dan strawberi,  omelet ubi kayu dan gulai telur daun mangkuk. Menurut Henny,  Pendamping Kelompok,  selain mengikuti konsep Beragam,  Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), aneka menu ini diharapkan juga bisa dikembangkan sebagai produk komersil yang bisa membantu perekonomian keluarga. 
      Di Sanggaran Agung,  sehari sebelumnya,  KW Wisata juga melaksanakan hal yang sama. Mereka melaksanakan praktek dengan menu Stik Sawi,  Bolu Terung Ungu,  Kue Talam Jagung dan Kentang Daging Ayam.  Sejalan dengan Henny,  Ria Monica selaku pendamping KW Wisata menjelaskan bahwa selain memenuhi konsep B2SA mereka juga mengupayakan produk yang bisa bertahan lebih lama sehingga bisa dipasarkan. 

Yup,  semangat....

Comments