6 Manfaat Cabai bagi Kesehatan


Kamis, 29 November 2012 20:48 WIB
Cabai ternyata tak hanya berguna sebagai bumbu masak. Selain menguatkan rasa pada masakan, cabai ternyata memberi banyak manfaat kesehatan. Bagi Anda yang tak suka makan cabai, mungkin mulai sekarang harus mencoba berdamai dengan rasa pedasnya.

Berikut enam manfaat cabai bagi kesehatan:

1. Baik bagi hati
Vitamin A dan C bersama bioflavinoid dapat menguatkan pembuluh darah, membuatnya elastis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan fluktuasi tekanan darah. Cabai juga mampu menurunkan kolesterol dan menurunkan jumlah fibrin dalam darah.

2. Menghilangkan rasa sakit dan mengurangi inflamasi
Komponen utama cabai, capsaicin berhubungan dengan proses inflamasi (reaksi tubuh thd mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh). Zat itu juga bisa menyembuhkan migrain dan sinus sakit kepala karena mengandung endorpin yang secara natural membantu menghilangkan rasa sakit.

3. Menyembuhkan hidung tersumbat
Cabai mampu menstimulasi sekresi yang bisa menyembuhkan hidung tersumbat. Cabai juga membantu melawan infeksi sinus kronis.

4. Membantu pembakaran lemak
Menurut studi, cabai terbukti mampu mempercepat metabolisme dan mengurangi jaringan lemak.

5. Melawan kanker
Tak tanggung-tanggung, menurut peneliti, capsaicin yang ditemukan dalam cabai bisa membunuh sel-sel kanker prostat.

6. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi cabai bisa mengontrol tingkat insulin setelah makan. Jumlah insulin pada manusia bisa turun sebanyak 60 persen.

Nah, jika sudah tahu manfaatnya, apa Anda masih takut makan cabai?(zeenews/***)

Comments